Logo Bloomberg Technoz

Gempa Jayapura, 4 Korban Meninggal Dunia

09 February 2023 17:21

Kondisi usai gempa Jayapura, (Tangkapan layar via Twitter BNPB Indonesia)
Kondisi usai gempa Jayapura, (Tangkapan layar via Twitter BNPB Indonesia)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Empat warga meninggal dunia akibat gempa bumi M 5,4 yang mengguncang Kota Jayapura, Papua, Kamis siang (9/2/2023). Empat korban meninggal tersebut dilaporkan ditemukan di puing bangunan sebuah kafetaria yang roboh. Disebutkan bahwa letak kafetaria memang berada di dekat perairan di kawasan Jayapura.

"Kafe ada yang roboh dan di situ ada empat meninggal, (para korban) Ada di kafe, guncangan lalu roboh. Roboh lalu (para korban) tertindih. Langsung jatuhnya ke laut bangunannya. Bangunannya ada di pinggir laut," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Jayapura Asep Khalid sebagaimana rilis yang diterima dari Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB.

Gempa bumi yang dirasakan kuat terjadi selama 2-3 detik. Masyarakat dilaporkan sempat panik dan berhamburan keluar rumah. Setelah itu gempa bumi susulan yang kembali terjadi.

Gempa Jayapura. (tangkapan Layar Twitter BMKG)

Sementara sejumlah bangunan seperti rumah, fasilitas umum dan fasilitas kesehatan mengalami kerusakan. Selain itu berapa pasien RSUD Kota Jayapura harus diungsikan ke halaman gedung untuk.

Lebih lanjut, tim BPBD Kota Jayapura bersama lintas instansi terkait masih dalam pendataan lebih lanjut mengenai kerusakan maupun korban jiwa. Tim gabungan juga mendirikan tenda posko dan tenda darurat untuk evakuasi sementara. Selain itu disediakan posko untuk membuat laporan. Tenda juga dipasang di halaman depan RSUD setempat.