Logo Bloomberg Technoz

Hankook Pecahkan Rekor Penjualan Ban, Ditopang Pasar China

Wike Dita Herlinda
09 February 2023 15:44

Karyawan memeriksa ban mobil yang baru diproduksi di pabrik manufaktur Hankook Tire Co. Ltd. di Racalmas, Hungaria. (Akos Stiller/Bloomberg)
Karyawan memeriksa ban mobil yang baru diproduksi di pabrik manufaktur Hankook Tire Co. Ltd. di Racalmas, Hungaria. (Akos Stiller/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Hankook Tire & Technology Group melaporkan rekor penjualan tertinggi sepanjang sejarah pada 2022, ditopang oleh permintaan ban 18 inci dari China serta penetrasi produk ke segmen kendaraan elektrik.  

Sepanjang 2022, produsen ban asal Korea Selatan itu mencatatkan rekor penjualan di tingkat global senilai 8,triliun won (US$ 6,5 miliar), melesat 17,5% secara tahunan atau year on year (yoy). Sementara itu, laba operasional perusahaan menembus 705,7 miliar won (US$ 546,1 juta), naik 9,9% yoy.   

Rekor penjualan perusahaan ditopang oleh permintaan segmen ban berdiameter besar. Adapun, penjualan ban mobil penumpang ukuran 18 inci atau lebih menyumbang sebanyak 40,8% dari total penjualan. Capaian tersebut naik sebanyak 3,1% yoy. 

“Rekor pertumbuhan penjualan tahunan didorong oleh ekspansi produk bernilai tinggi dan strategi penetapan harga yang tepat untuk melewati kondisi ekonomi global dengan memperhatikan biaya bahan baku dan disrupsi rantai pasok global pada semester I-2022,” papar Hankook Tire dalam keterangan resmi perusahaan yang dilansir Kamis (09/02/2023).

Rekor pertumbuhan penjualan tahunan didorong oleh ekspansi produk bernilai tinggi dan strategi penetapan harga yang tepat untuk melewati kondisi ekonomi global.

Hankook Tire & Technology Group

Dari sisi laba, keuntungan yang diraup produsen ban terbesar ketujuh dunia tersebut ditopang oleh penguatan nilai tukar won dan peningkatan permintaan ban tipe original equipment (OE), yang terjadi bersamaan dengan stabilnya ongkos bahan baku serta logistik sepanjang paruh kedua 2022.