Logo Bloomberg Technoz

Berkat ChatGPT, OpenAI Berpotensi Raih Pendapatan Rp15,2 T

News
31 August 2023 20:10

Ilustrasi OpenAI atau teknologiArtificial intelligence (AI)seperti ChatGPT. (Dok Bloomberg)
Ilustrasi OpenAI atau teknologiArtificial intelligence (AI)seperti ChatGPT. (Dok Bloomberg)

Ed Ludlow—Bloomberg News

Bloomberg, OpenAI diperkirakan akan meraih pendapatan tahunan US$1 miliar (sekitar Rp15,2 triliun) dengan sokongan pertumbuhan dari bisnis AI generatif, dimana perusahaan berada dibalik kesuksesan ChatGPT. Teknologi yang kemudian menarik banyak gelombang investasi pada ekosistem kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Perusahaan startup yang telah didukung oleh Microsoft Corp. ini diketahui mendapatkan pendapatan bulanan US$80 juta (sekitar Rp1,22 triliun), menurut seseorang yang mengetahui masalah ini.

The Information adalah pihak yang pertama kali melaporkan pendapatan OpenAI, termasuk bahwa mereka telah menghabiskan anggaran sekitar US$540 juta tahun lalu untuk pengembangan teknologi terbaru GPT-4 dan ChatGPT. OpenAI belum memberi tanggapan atas kabar ini.

OpenAI dianggap sebagai salah satu dari beberapa perusahaan yang memimpin tren teknologi AI generatif, dengan memanjakan pengguna dalam membuat konten cukup menuliskan perintah sederhana —untuk kemudian mesin AI akan merekomendasikan jawaban terbaik.

OpenAI milik Sam Altman. (Dok: Bloomberg)