Logo Bloomberg Technoz

IPO 2023: Amman Mineral (AMMN) Terbaik, Ada yang Anjlok 25% Lebih

Muhammad Julian Fadli
30 August 2023 16:55

Kesiapan operator dalam penambangan Amman Mineral. (Dok Amman.co.id)
Kesiapan operator dalam penambangan Amman Mineral. (Dok Amman.co.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sepanjang tahun berjalan 2023, aksi penggalangan dana di pasar modal melalui penawaran umum perdana saham (Initial Public Offering/IPO) sangat meriah, bahkan IPO jumbo PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMN), jadi salah satu perusahaan pendatang baru Indonesia terbaik di dunia.

Saham Amman Mineral, melonjak mencapai 165,49% sejak debutnya pada 7 Juli kemarin. Menariknya, berdasarkan data Bloomberg Technoz, kenaikan ini merupakan yang tertinggi di antara 4 IPO jumbo lain yang digencarkan sepanjang 2023 di mana telah berhasil mengumpulkan total dana mencapai Rp38,96 triliun.

Menurut Andre Benas, Head of Research BCA Sekuritas, kinerja Amman Mineral pasca-pencatatan saham telah didorong oleh ‘murahnya’ valuasi saat listing, dan harapan bahwa saham perusahaan akan masuk dalam Indeks LQ45.

Saham AMMN Uptrend dan Mencetak All Time High Pada 30 Agustus 2023 (Bloomberg)

Terus meningkatnya harga AMMN juga membuat saham ini masuk jajaran kapitalisasi pasar terbesar, sehingga memiliki bobot yang cukup besar terhadap indeks. Adapun hingga sore hari ini, AMMN tengah merangsek masuk ke deretan 6 besar, dengan pencapaian market cap Rp323,62 triliun.

Bersamaan dengan tren positif saham AMMN tersebut, PT Pertamina Geothermal Energy Tbk dengan kode emiten PGEO yang listing pada 24 Februari 2023 juga menyusul dengan kenaikan harga yang menarik. Adapun perusahaan listing menggunakan harga penawaran pada Rp875/saham, dengan berhasil menggalang dana mencapai Rp9,06 triliun.