Logo Bloomberg Technoz

5 Produsen Mobil Listrik Terbesar di Dunia, Tesla Masih Nomor 1

Muhammad Julian Fadli
29 August 2023 18:35

Tesla Model Y (Bloomberg Mercury)
Tesla Model Y (Bloomberg Mercury)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Xpeng Inc. bersepakat membeli unit pengembangan mobil pintar Didi Global Inc. Hasil dari kesepakatan tersebut, Xpeng akan meluncurkan merek mobil listrik baru, hasil kemitraannya dengan Didi pada tahun depan, dan dinamai proyek “MONA”.

Adapun kemitraan antar keduanya terjadi hanya lebih dari sebulan setelah Xpeng menerima investasi US$700 juta dari raksasa otomotif Jerman, Volkswagen AG. Melihat hal tersebut, pangsa pasar mobil listrik di China terlihat sangat potensial dan menarik untuk dilakukan ekspansi lebih jauh.

Bersama VW, Xpeng akan mengembangkan mobil listrik untuk pasar China. Hal ini membuat investor optimis di tengah tren penjualan yang melemah di industri otomotif. Kemitraan ini lantas akan dihadapkan dengan persaingan dengan pemain kendaraan listrik lain seperti Nio Inc., BYD Co. dan Tesla Inc.

Daftar Perusahaan Produsen Electric Vehicle Terbesar di Dunia

Melansir data dari insideevs, sepanjang kuartal I-2023 Tesla masih mempertahankan keunggulannya sebagai produsen mobil listrik terbesar di dunia. Perusahaan Elon Musk ini sukses menguasai 23,6% pangsa pasar produsen mobil listrik secara global, tumbuh dari sebelumnya 21,6%.

1. Tesla Inc.