Logo Bloomberg Technoz

Cawapres Prabowo, PAN Usulkan Erick Thohir dan Muhadjir Effendy

Pramesti Regita Cindy
28 August 2023 22:07

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. (dok Kementerian)
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan. (dok Kementerian)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Umum Partai Amanat Nasional, Zulkifli Hasan mengatakan, partainya mengusulkan dua nama bakal calon wakil presiden (cawapres) kepada Koalisi Indonesia Maju. Dua sosok yang dianggap bisa mendampingi Calon Presiden Prabowo Subianto pada Pemilu 2024 adalah Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy; dan Menteri Badan Usaha Milik Negara, Erick Thohir.

"Pak Erick ini saya kenal lama. Jadi calon Wapres dari PAN, pak Erick dan pak Muhadjir," kata Zulkifli dalam acara HUT PAN di Hotel Sultan, Senin (28/8/2023). 

Muhadjir sendiri adalah tokoh senior Muhammadiyah. Dia tercatat menjadi Ketua Pimpinan Pusat atau PP Muhammadiyah pada 2015-2020. PAN sendiri adalah partai politik yang lahir dari Tanwir Muhammadiyah. Meski dibentuk oleh sejumlah tokoh reformasi dan menjadi partai inklusif, PAN memiliki hubungan erat dengan Muhammadiyah.

Soal Erick Thohir, Zulkifli mengatakan, kiprah Ketua Umum PSSI tersebut sangat besar bagi sepak bola di Indonesia. Dia mengapresiasi semua pencapaian tim nasional di bawah kepemimpinan Erick Thohir. 

Karir cemerlang Erick merombak sepak bola juga menjadi tanda kepantasannya menjadi seorang cawapres. Bahkan, menurut Zulkifli, Erick adalah sosok paling pas bagi pemimpin yang ingin melakukan sebuah perubahan yang cepat.