Logo Bloomberg Technoz

Partai Pengusung Prabowo Subianto jadi Koalisi Indonesia Maju

Pramesti Regita Cindy
28 August 2023 21:45

Deklarasi dukungan Golkar dan PAN untuk Prabowo Subianto sebagai capres 2024 (Dok. Tim Media Prabowo)
Deklarasi dukungan Golkar dan PAN untuk Prabowo Subianto sebagai capres 2024 (Dok. Tim Media Prabowo)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Gabungan partai politik yang akan mengusung Prabowo Subianto menjadi calon presiden pada Pemilihan Umum atau Pemilu 2024 berganti nama menjadi Koalisi Indonesia Maju. Sebelumnya, mereka memakai nama Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya saat hanya berisi Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Prabowo sendiri yang mengumumkan nama baru koalisinya tersebut saat memberikan pidato dalam acara Hari Ulang Tahun Partai Amanat Nasional atau PAN. 

"Kami sepakat koalisi kami. Kami Beri nama Koalisi Indonesia Maju," kata Prabowo di Hotel Sultan, Senin (28/8/2023).

Saat ini, koalisi pengusung Prabowo Subianto memang sudah semakin bertambah. Selain PKB dan Gerindra, koalisi ini semakin kuat usai Partai Golkar dan PAN turut bergabung dua pekan lalu. Koalisi ini juga mendapat dukungan dari Partai Bulan Bintang yang berada di bawah komando Yusril Ihza Mahendra.

Koalisi Indonesia Maju sendiri sebenarnya bukan nama baru dalam peta dan kontestasi politik di Indonesia. Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menggunakan nama tersebut saat bertarung pada Pemilu 2019.