Logo Bloomberg Technoz

China Pertanyakan Rilis AS Soal Pertemuan Menhan Prabowo-Austin

News
28 August 2023 18:25

Ilustrasi Warga China (Dok Bloomberg)
Ilustrasi Warga China (Dok Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kedutaan Besar China di Jakarta mengungkapkan keberatannya atas keterangan pers Kementerian Pertahanan Amerika Serikat (AS) seusai pertemuan Menteri Pertahanan (Menhan) AS Lloyd J Austin dengan Menhan Indonesia Prabowo Subianto di Pentagon. Berdasarkan keterangan yang diunggah di situs Kemenhan Amerika Serikat (AS), kedua menteri sepakat mengatakan, ekspansi China di Laut China Selatan (LCS) tidak sejalan dengan hukum internasional.

Dalam pernyataan yang ditandatangani oleh juru bicara Kedubes China di Jakarta, Senin (28/8/2023) pihaknya sudah mengetahui pernyataan yang sudah dikeluarkan pihak AS. Akan tetapi, "kami diberitahu oleh pihak Indonesia bahwa apa yang dijelaskan oleh pihak AS tidak benar."

"Bahkan, konten seperti itu tidak dapat ditemukan dalam rilis pers oleh pihak Indonesia dalam pertemuan yang sama," tambahnya.

Lebih lanjut, juru bicara menegaskan China, bersama Indonesia dan negara-negara kawasan lain, memiliki aspirasi dan kepentingan yang sama untuk menjaga stabilitas di Laut China Selatan (LCS). Pihak kedubes juga menentang segala upaya menabur perselisihan dari 'negara tertentu'.

"Negara-negara di luar kawasan ini harus menghormatinya. Kami menentang upaya-upaya negara tertentu untuk menabur perselisihan dan menimbulkan masalah tanpa menghiraukan kesejahteraan masyarakat di wilayah ini," ujar dia.