Logo Bloomberg Technoz

Budiman Sudjatmiko Dipecat PDIP: Aktivis Pentolan & Motor UU Desa

Pramesti Regita Cindy
25 August 2023 15:10

Pertemuan Prabowo Subianto dan Budiman Sudjatmiko di Jakarta (Twitter Andre Rosiade)
Pertemuan Prabowo Subianto dan Budiman Sudjatmiko di Jakarta (Twitter Andre Rosiade)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Budiman Sudjatmiko yang baru saja dipecat dari PDI Perjuangan memiliki gelar pendidikan M.A., M.Phil. Dia lahir di Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah pada tanggal 10 Maret 1970. 

Budiman adalah seorang aktivis pada masa mudanya. Dia menghabiskan masa kecilnya di Bogor. Dia bersekolah di SD Negeri Pengadilan 2 Bogor, SMP Negeri 1 Cilacap (lulus tahun 1986) hingga ke pendidikan menengah atasnya di SMA Negeri 5 Bogor dan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta dan lulus tahun 1989).

Budiman lantas melanjutkan sekolah tingginya di Universitas Gadjah Mada tetapi karena kecintaannya terhadap aktivisme membuatnya di-drop out (DO). Dia baru kembali melanjutkan pendidikannya selepas dipenjara dan menempuh pendidikan Ilmu Politik di Universitas London dan Master Hubungan Internasional di Universitas Cambridge, Inggris. 

Budiman ketika menjadi anggota DPR juga dikenal sebagai figur yang ikut memotori Rancangan Undang Undang Desa hingga lolos menjadi UU, dikutip dari blognya http://www.budimansudjatmiko.net/.

Dia juga mendirikan Gerakan Inovator 4.0. Ia juga dikenal sebagai aktivis Reformasi atas keterlibatannya mendirikan dan pernah menjadi Ketua Partai Rakyat Demokratik (PRD). Budiman tercatat sebagai aktivis korban penculikan zaman Orde Baru hingga dipenjara karena alasan politik pada pemerintahan Presiden Soeharto.