Logo Bloomberg Technoz

20 Emiten dengan Laba Terbesar pada Kuartal II, Bank BRI Juara

Muhammad Julian Fadli
24 August 2023 19:35

Ilustrasi pelayanan Bank BRI. (Dok. BRI)
Ilustrasi pelayanan Bank BRI. (Dok. BRI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sejumlah emiten sudah menerbitkan laporan keuangan kuartal II-2023, dengan berhasil mencatatkan kinerja yang ciamik hingga laba bersih dan pendapatannya mencapai puluhan triliun, seiring dengan tren pemulihan ekonomi Indonesia yang kian bertumbuh.

Adapun berdasarkan data Bursa Efek Indonesia dari 756 emiten yang sudah melaporkan kinerjanya, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) menjadi pemimpin dengan pencapaian laba bersih tertinggi mencapai Rp15,5 triliun. Realisasi tersebut bersamaan dengan angka pendapatan yang jumbo mencapai Rp49,95 triliun.

Berdasarkan data Bloomberg, terdapat nama dua bank besar lainnya, yang berhasil mengoleksi laba bersih tertinggi pada kuartal II-2023. Yaitu PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) dan PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) yang laba bersihnya masing-masing mencapai Rp12,67 triliun, dan Rp12,66 triliun.

Performa laba bersih yang solid ini juga berasal dari pendapatan yang berhasil mengakumulasi angka fantastis. Bank Mandiri misalnya, berhasil mencatatkan pendapatan pada kuartal II-2023 mencapai Rp40,02 triliun, sedangkan Bank BCA mencetak pendapatan sejumlah Rp27,66 triliun.

Pertumbuhan laba bersih dan pendapatan ketiga bank besar tersebut juga tak lepas dari meningkatnya permintaan kredit. Sebagai gambaran, pertumbuhan kredit Bank BCA terus bertumbuh didorong oleh kenaikan volume kredit, perbaikan kualitas pinjaman, serta peningkatan volume transaksi dan juga pendanaan.