Logo Bloomberg Technoz

Baidu, Antara Optimisme Investor & Sikap Hati-hati Analis

News
21 August 2023 14:25

Mesin pencari Baidu (Qilai Shen/Bloomberg)
Mesin pencari Baidu (Qilai Shen/Bloomberg)

Jeanny Yu-Bloomberg News

Bloomberg, Pertaruhan investor atas reli panjang harga saham Baidu Inc. yang dapat mengalahkan pasar berpeluang besar menjadi nyata. Hal ini terjadi di tengah kekhawatiran ekonomi China yang melemah, serta beberapa kemunduran signifikan pada beberapa bisnis utama.

Citigroup Inc, China International Capital Corp dan Daiwa Capital Markets Hong Kong Ltd. termasuk di antara para broker yang telah menurunkan ekspektasi pendapatan perusahaan mesin pencari asal China. Baidu diketahui akan merilis data kinerja kuartal kedua pada Selasa (22/8/2023) besok. Analis memperkirakan adanya perlambatan pertumbuhan laba bersih yang telah disesuaikan. 

Baidu menjadi salah satu pelaku industri teknologi di China yang punya prospek menjanjikan, berkat aksi mereka dalam pengembangkan layanan serupa ChatGPT pertama di negara tersebut.

Grafik permintaan saham option atas Baidu. (Dok: Bloomberg)

Saham perusahaan telah naik sekitar 13% sepanjang 2023, yang dihitung hingga perdagangan Jumat pekan lalu. Baidu menjadi salah satu dari kelompok saham dengan kinerja paling baik pada Hang Seng Tech Index. Hang Seng sendiri telah turun 3%.