Logo Bloomberg Technoz

Kecerdasan Buatan, Gelombang Pasang Pasca Internet di Era 90-an

News
18 August 2023 07:30

Bill Gates (Dok Bloomberg)
Bill Gates (Dok Bloomberg)

Emily Chang-Bloomberg News

Bloomberg, Bill Gates, co-founder  Microsoft Corp, pada tahun 1995 menyatakan internet sebagai “gelombang pasang” yang akan menjadi sangat penting bagi setiap bagian bisnis perusahaan. Sekitar dua dekade kemudian, CEO Microsoft saat ini, Satya Nadella, mengatakan bahwa ia yakin dampak kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) akan sama besarnya.

“Memo Bill pada tahun 1995, memang terasa seperti itu bagi saya, Saya rasa ini sama besarnya,” kata Nadella dalam episode The Circuit With Emily Chang.

Inti dari upaya terbaru untuk mengubah Microsoft adalah OpenAI Inc, sebuah perusahaan rintisan dengan teknologi AI generatifnya telah menciptakan begitu banyak letupan. Kemudian OpenAI mampu meraih komitmen US$13 miliar dari Microsoft.

“Kami memiliki hubungan yang baik, kemitraan macam ini antara perusahaan teknologi lazimnya tidak berhasil. Ini adalah contoh yang bekerja dengan sangat baik. Kami sangat berterima kasih untuk itu,” ucap Sam Altman, Chief Executive Officer (CEO) OpenAI, di The Circuit.