Logo Bloomberg Technoz

Krisis Populasi Mulai Mengancam Australia

News
21 August 2023 12:15

Ilustrasi bendera Australia. (Brendon Thorne/Bloomberg)
Ilustrasi bendera Australia. (Brendon Thorne/Bloomberg)

Ben Westcott - Bloomberg News

Bloomberg, Australia akan menghadapi pergeseran demografi besar dalam empat dekade mendatang, dengan jumlah warga lanjut usia yang diperkirakan membengkak, sementara pertumbuhan populasi secara keseluruhan melambat.

Populasi Australia diperkirakan akan tumbuh menjadi lebih dari 40 juta orang pada awal tahun 2060-an, menurut data dari laporan antargenerasi (Intergenerational Report) terbaru pemerintah yang dirilis pada Minggu (20/08/2023).

Pertumbuhan populasi diperkirakan akan melambat menjadi 1,1% selama 40 tahun ke depan, turun dari 1,4% selama 40 tahun terakhir, berdasarkan data tersebut. Laporan lengkapnya, yang dirancang guna memberikan panduan kebijakan jangka panjang bagi para anggota parlemen, akan dirilis pada Kamis mendatang.

Pekerja Australia (Sumber: Bloomberg)

Penduduk Australia juga diperkirakan akan hidup lebih lama, dengan jumlah penduduk berusia di atas 85 tahun diperkirakan akan meningkat tiga kali lipat dalam beberapa dekade mendatang, sementara penduduk berusia di atas 65 tahun akan meningkat dua kali lipat. Akibatnya, ekonomi perawatan lansia di negara ini dapat meningkat dua kali lipat menjadi 15% dari produk domestik bruto pada tahun 2060-an.