Logo Bloomberg Technoz

SEC Akan Cecar Co-Founder Terra untuk Buktikan Tuduhan

News
18 August 2023 06:40

Daniel Shin, co-founder Terraform Labs (Dok: Bloomberg)
Daniel Shin, co-founder Terraform Labs (Dok: Bloomberg)

Bob Van Voris - Bloomberg News

Bloomberg, Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (Securities and Exchange Commision/SEC) dapat meminta bantuan pemerintah Korea Selatan untuk menanyakan Daniel Shin, salah satu pendiri Terraform Labs, dan mengumpulkan bukti-bukti dari perusahaan pembayaran Chai Corp. Demikian bunyi putusan hakim AS.

SEC ingin membuktikan tuntutannya, dengan menanyakan Shin serta mendapatkan dokumen dari Chai. SEC menuduh Terraform dan mantan kepala eksekutifnya, Do Kwon, melakukan skema ilegal dengan menghapus setidaknya US$40 miliar nilai kripto.

Hakim Distrik AS Jed Rakoff mengatakan SEC dapat menggunakan proses yang ditentukan oleh perjanjian tahun 1970 yang mengatur permintaan untuk mengumpulkan bukti secara internasional.

Kwon, yang saat ini sedang menjalani hukuman empat bulan penjara di Montenegro karena bepergian dengan paspor palsu, juga menghadapi tuntutan pidana di AS dan negara asalnya, Korea Selatan, serta tuntutan SEC. Kwon dan Terraform, yang membantah melakukan kesalahan, tidak menentang permintaan SEC. Mereka telah menyertakan permintaan bukti untuk membela kasus ini.