Logo Bloomberg Technoz

Singapura Bongkar Pencucian Uang Rp11,3 T, Pelakunya Orang Asing

News
17 August 2023 19:30

Patung Merlion di Singapura. Fotografer: Lionel Ng/Bloomberg
Patung Merlion di Singapura. Fotografer: Lionel Ng/Bloomberg

Low De Wei & Alfred Cang - Bloomberg News

Bloomberg - Singapura mendakwa 10 orang asing pada Rabu dalam salah satu kasus pencucian uang dan pemalsuan terbesar yang melibatkan sekitar S$1 miliar atau Rp11,3 triliun dalam bentuk  properti, mobil mewah, uang tunai, dan aset lainnya.

Geng itu ditangkap setelah penggerebekan serentak pada 15 Agustus di bungalo dan kondominium kelas atas, menurut pernyataan dari polisi Rabu malam. Kesepuluh orang itu termasuk warga negara dari China, Siprus, dan Turki. Paspor diyakini dikeluarkan oleh China, Kamboja dan Republik Dominika juga ditemukan.
Kumpulan dolar Singapura yang disita oleh Kepolisian Singapura dari dugaan jaringan pencucian uang.

Pihak berwenang melarang pelepasan aset termasuk 94 properti dan 50 kendaraan dengan perkiraan nilai lebih dari S$815 juta. Kelompok itu diduga terlibat dalam pencucian hasil kejahatan dari aktivitas mereka di luar negeri termasuk penipuan dan perjudian online.

“Kami sama sekali tidak menoleransi penggunaan Singapura sebagai tempat berlindung yang aman bagi para penjahat,” kata David Chew, direktur departemen kejahatan kerah putih. “Pesan kami kepada para penjahat ini sederhana - jika kami menangkap Anda, kami akan menahan Anda. Jika kami menemukan keuntungan haram Anda, kami akan merebutnya.