Logo Bloomberg Technoz

Inggris Pertimbangkan Bikin Uang Digital Poundsterling

News
07 February 2023 12:18

Bank of England (BOE).(Jason Alden/Bloomberg)
Bank of England (BOE).(Jason Alden/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank sentral Inggris (Bank of England/BOE) dan Departemen Keuangan Inggris menggulirkan rencana menciptakan uang digital resmi atau Central Bank Digital Currency (CBDC) berbasis mata uang Poundsterling.

Ini dianggap sebagai cara bank sentral untuk beradaptasi dengan bentuk pembayaran baru yang bekerja dengan lebih cepat dan lancar dalam transaksi online. Uang digital ini akan jadi alat pembayaran resmi bersama dengan uang kartal (uang kertas dan koin).

“Uang kartal akan tetap ada, Poundsterling digital yang dikeluarkan dan didukung Bank of England bisa menjadi cara baru untuk pembayaran digital, dapat diakses dan mudah digunakan,” ujar Menteri Keuangan Inggris Jeremy Hunt, seperti dilaporkan Bloomberg News, Selasa (7/2/2023).

Dalam makalah konsultasi yang dirilis hari ini, BOE dan Departemen Keuangan Inggris akan meminta masukan dari publik apakah akan membuat Poundsterling digital.

Poundsterling digital akan memberikan cara baru pembayaran, membantu bisnis, mempertahankan kepercayaan pada uang, dan melindungi stabilitas keuangan dengan lebih baik.

Gubernur BOE Andrew Bailey

Sebelumnya, rencana pembuatan Poundsterling digital mendapat beberapa tanggapan dari pemangku kepentingan. Majelis tinggi parlemen Inggris (House of Lord) menyebut rencana ini sebagai solusi untuk mencari masalah dengan alasan bisa menjadi masalah bagi keluarga miskin yang tergantung pada uang tunai.