Logo Bloomberg Technoz

Saingi Microsoft, Google Luncurkan Pesaing OpenAI ChatGPT

News
07 February 2023 11:27

Kantor pusat Google di Mountain View, California, AS. (Marlena Sloss/Bloomberg)
Kantor pusat Google di Mountain View, California, AS. (Marlena Sloss/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Google Alphabet Inc akhirnya mengumumkan layanan chatbot pesaing ChatGPT yang dibakal digunakan oleh Microsoft. Layanan ini rencananya akan dirilis ke publik beberapa pekan lagi.

Chatbot berbasis artificial intelligence atau kecerdasan buatan (AI) ini akan diberi nama Bard, yang memberikan jawaban terperinci atas pertanyaan yang diajukan pengguna.

Pengenalan Bard ini diumumkan langsung oleh Chief Executive Officer (CEO) Alphabet Sundar Pichai dalam blog perusahaan. Untuk saat ini Bard baru bisa digunakan segelintir pengguna terpilih.

“Kami akan menggabungkan feedback pihak eksternal dengan pengujian internal kami sendiri untuk memastikan Bard memenuhi standar kualitas, keamanan, dan akurasi yang tinggi pada informasi dunia nyata,” kata Sundar seperti dihimpun dari Bloomberg News, Senin (7/2/2023).

Bard sendiri akan didukung oleh LaMDA, sebuah model bahasa untuk aplikasi dialog yang dikembangkan Google. Seorang software engineer Google sempat menyebut teknologi AI ini sebagai ‘makhluk hidup’ yang memiliki akal budi dan perasaan.

CEO Google & Alphabet Sundar Pichai (Kyle Grillot/Bloomberg)