Logo Bloomberg Technoz

Saingi Microsoft, Google Suntik Dana ke Pesaing ChatGPT Rp 6 T

News
06 February 2023 11:02

Mesin pencari Google ( David Gray/Bloomberg)
Mesin pencari Google ( David Gray/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Google ternyata tak tinggal diam melihat aksi Microsoft berinvestasi di OpenAI ChatGPT. Raksasa mesin pencari ini dikabarkan berinvestasi hampir US$ 400 juta atau setara Rp 6 triliun (asumsi Rp 15.000/US$) di startup kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) Anthropic.

Langkah ini dibocorkan oleh sumber anonim kepada Bloomberg News, namun Google dan Anthropic menolak berkomentar mengenai suntikan dana tersebut, dilansir Senin (6/2/2023).

Meski begitu, kedua perusahaan ini baru saja mengumumkan kemitraan di mana Anthropic dan akan menggunakan layanan cloud computing Google. Kesepakatan ini akan membuat Google memiliki saham di Anthropic.

“AI telah berevolusi dari penelitian akademik menjadi salah satu pendorong terbesar perubahan teknologi, menciptakan peluang baru untuk pertumbuhan dan peningkatan layanan di semua industri,” kata Thomas Kurian, CEO Google Cloud, dalam sebuah pernyataan.

OpenAI ChatGPT (Gabby Jones/Bloomberg)

“Google Cloud menyediakan infrastruktur terbuka untuk startup AI generasi berikutnya, dan kemitraan kami dengan Anthropic adalah contoh yang bagus tentang cara kami membantu pengguna dan perusahaan memanfaatkan kekuatan AI yang andal dan bertanggung jawab.”