Logo Bloomberg Technoz

Rilis Google Bard datang setelah Microsoft mengumumkan kerja sama dengan OpenAI dengan menanamkan ChatGPT pada mesin pencari Bing. Hal ini bisa menjadi ancaman bagi mesin pencari Google yang merupakan mesin uang utama Alphabet.

Tahun lalu, Google Alphabet mengumumkan "kode merah" sebagai tanggapan atas rilis ChatGPT yang diartikan sebagai peringatan terhadap adanya ancaman bagi bisnis mesin pencari Google.

Selain rilis Bard, Sundar mengatakan bahwa Google bakal mengizinkan developer memanfaatkan model bahasanya untuk membuat aplikasi mereka sendiri. Perusahaan akan mulai membuka API untuk perusahaan, pengembang, dan pembuat bulan depan.

“Di luar produk kami sendiri, penting untuk membuatnya mudah, aman, dan dapat digunakan orang lain guna mendapatkan keuntungan dari kemajuan ini dengan membangunnya di atas model terbaik kami,” ungkap Sundar.

Pekan lalu, Google mengumumkan kemitraan dengan startup kecerdasan buatan Anthropic, yang sedang menguji chatbotnya sendiri untuk menyaingi ChatGPT. Google juga telah menginvestasikan hampir 400 juta dolar AS (Rp 6 triliun) dalam startup tersebut, menurut seorang sumber yang mengetahui hal tersebut.

(bbn)

No more pages