Logo Bloomberg Technoz

Raksasa Aset Manajemen Gagal Bayar, China Bentuk Satgas Khusus

News
14 August 2023 18:40

Ilustrasi Bendera China (SUmber: Bloomberg)
Ilustrasi Bendera China (SUmber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Badan pengawas perbankan China telah membentuk sebuah satuan tugas (satgas) untuk memeriksa risiko gagal bayar oleh manajemen aset swasta terbesar di negara itu, Zhongzhi Enterprise Group Co. pada beberapa produk berimbal hasil tinggi.

Bulan lalu, regulator keuangan nasional China (NFRA) membentuk sebuah kelompok kerja untuk menilai utang yang belum dibayar dan risiko di salah satu unit pembiayaan utama Zhongzhi, yang mengelola aset lebih dari 1 triliun yuan (Rp2.110 triliun), menurut para sumber yang mengetahui hal ini, yang meminta identitasnya tidak diungkap.

Regulator tersebut meminta Zhongrong International Trust Co. untuk melaporkan rencananya tentang pembayaran di masa depan dan aset yang tersedia untuk dijual guna mengatasi krisis likuiditas. Hampir setengah dari dana yang diperoleh Zhongrong dialirkan ke unit induk atau afiliasinya, kata salah satu sumber itu.

Pembentukan satuan tugas ini menyoroti sejauh mana pemerintah China khawatir dengan situasi di Zhongzhi. Beberapa klien korporatnya baru-baru ini mengungkapkan pembayaran trust yang terlambat.