Logo Bloomberg Technoz

Investor Cemas, Manajer Investasi Raksasa China Gagal Bayar

News
14 August 2023 14:30

Ilustrasi China (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi China (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Kecemasan baru timbul dari China usai salah satu pengelola kekayaan (wealth mananger) swasta terbesar di negara itu gagal bayar pada beberapa produk dengan imbal hasil tinggi.

Sebanyak tiga perusahaan menyatakan pada Jumat malam lalu (11/08/2023) bahwa mereka tidak menerima pembayaran dari produk yang dikeluarkan oleh perusahaan yang terkait dengan Zhongzhi Enterprise Group Co., yang memiliki aset sekitar 1 triliun yuan.

Kegagalan pembayaran ini kemungkinan akan menambah kekhawatiran atas kondisi industri trust (dana amanah) China senilai US$2,9 triliun yang menggabungkan karakteristik perbankan komersial dan investasi, private equity, dan wealth management. Perusahaan-perusahaan ini mengumpulkan dana tabungan rumah tangga untuk menawarkan pinjaman dan berinvestasi di real estat, saham, obligasi, dan komoditas.

Sebelumnya, investor sudah dibuat gelisah karena khawatir akan kesehatan ekonomi dan pasar keuangan China. Salah satu pengembang properti terbesar negara tersebut, Country Garden Holdings Co., hampir mengalami gagal bayar. Sementara itu, pinjaman yang diberikan oleh bank-bank China turun ke level terendah sejak 2009 bulan lalu.