Logo Bloomberg Technoz

Daftar Utang BUMN Karya yang Menggunung, Waskita Karya Juara

Muhammad Julian Fadli
09 August 2023 15:31

Waskita. (Dok. Waskita)
Waskita. (Dok. Waskita)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sejumlah BUMN Karya di Indonesia masih diselimuti dengan utang menggunung. Utang ini terus menjadi masalah utama seperti yang terjadi pada emiten PT Waskita Karya Tbk (WKST) yang tengah dalam proses pemohonan untuk menunda pembayaran bunga obligasi.

Berdasarkan laporan keuangan semester I-2023, Waskita Karya menjadi juara dengan catatan beban utang dan rasio utang yang luar biasa sangat tinggi. Waskita membukukan total kewajiban mencapai Rp84,31 triliun di mana sebesar Rp22,79 triliun adalah kewajiban jangka pendek.

Adapun ekuitas perusahaan tercatat Rp12,01 triliun. Itu menjadikan rasio utang terhadap ekuitas (Debt to Equity Ratio/DER) Waskita menjadi 701% atau mencapai 7 kali.

Sementara total aset WSKT hanya sejumlah Rp96,32 triliun pada Juni 2023, turun 2% dibandingkan setahun sebelumnya yang tercatat Rp98,23 triliun.

Setali tiga uang dengan Waskita, adalah saudara seinduknya PT Wijaya Karya Tbk (WIKA). WIKA juga masih bergelut dengan beban utang yang tinggi.