Logo Bloomberg Technoz

“Visi ke depan ini merupakan bagian dari infrastruktur pembayaran secara keseluruhan,” kata Schulman dalam sebuah wawancara. Ia juga tengah bersiap untuk mengundurkan diri dalam beberapa bulan mendatang.

Stablecoin —token kripto yang memiliki aset dasar bernilai stabil seperti dolar AS—telah ada selama hampir satu dekade. Namun sebagian digunakan para pedagang untuk memindahkan aset digital di antara bursa, telah membuat terobosan terbatas ke dalam pembayaran konsumen.

Porsi penerbit stablecoin di dunia. (Dok: Bloomberg)

Terdapat sekitar US$126 miliar atau sekitar Rp1.911 triliun stablecoin yang beredar, menurut CoinGecko, dan yang terbesar sejauh ini adalah USDT dari Tether Holdings Ltd.

Beberapa token yang menjadi kontroversi: Upaya profil tinggi oleh Meta Inc. yang terurai tahun lalu pasca reaksi keras dari regulator. PayPal sendiri menghentikan pekerjaan PYUSD bulan Februari karena regulator meningkatkan pengawasan terhadap mata uang kripto. 

Perusahaan kini percaya bahwa regulasi “berkembang menuju kejelasan yang lebih baik” dan melihat peningkatan permintaan untuk stablecoin alternatif, karena betapa terkonsentrasinya pasar, disampaikan Jose Fernandez da Ponte, kepala tim blockchain dan mata uang digital PayPal.

PYUSD dirancang untuk dapat ditukarkan dengan dolar setiap saat dan juga dapat ditukarkan dengan mata uang kripto lain yang tersedia di jaringan PayPal.

PYUSD dapat digunakan untuk sebagai alat pembelian dan akan segera tersedia di aplikasi pembayaran populer PayPal, Venmo. Pengguna akan dapat mengirim kepemilikan token mereka antara PayPal dan dompet Venmo.

Koin juga dapat berpindah ke dompet orang lain, yang kompatibel di luar jaringan PayPal.  

Transfer instan

PayPal memiliki lebih dari 431 juta akun aktif di seluruh dunia. PayPal pertama kali meluncurkan layanan mata uang kripto pada tahun 2020. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk membeli, menjual, dan melakukan pembayaran dengan sejumlah token seperti Bitcoin melalui platform mereka.

Perusahaan minggu lalu mengatakan bahwa harus menyisihkan lebih banyak biaya pada kuartal kedua guna menutupi pinjaman yang elah diberikan kepada para pedagang. Hal ini memicu penurunan sahamnya 12% dalam satu hari. PayPal telah memperluas layanan kepada jutaan konsumen dan pedagang di berbagai platformnya, termasuk pinjaman modal kerja dan pengiriman uang.

(bbn)

No more pages