Logo Bloomberg Technoz

Antisipasi Kemarau El Nino, PUPR Bangun 13 Bendungan Lanjutan

Sultan Ibnu Affan
07 August 2023 12:50

Pembangunan bendungan Sepaku Semoi di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (8/3/2023). (Rony Zakaria/Bloomberg)
Pembangunan bendungan Sepaku Semoi di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (8/3/2023). (Rony Zakaria/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan sejumlah langkah guna menekan dampak kekeringan yang ditimbulkan oleh fenomena El Nino. Salah satunya adalah membangun 13 bendungan lanjutan.

Plt Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Jarot Widyoko mengatakan, 13 bendungan tersebut yakni Bendungan  Cipanas, Karian, Sepaku Semoi, Keureuto, Rukoh, Jelantah, Tiu Suntuk, Lausimeme, Sidan, Leuwikeris, Temef, Pamukkulu dan Ameroro.

“Kami bersama Direktorat Jenderal Cipta Karya telah bahu-membahu untuk mengatasi dampak kekeringan ini,” ujar Jarot dalam Focus Group Discussion Antipasi Musim Kemarau 2023 di Jakarta, Senini (7/8/2023).

Jarot juga menjelaskan bahwa kini sejumlah daerah di Indonesia telah memasuki kondisi kekeringan. “Ini sudah kami petakan,” katanya.

Selain 13 bendungan itu, PUPR juga akan melakukan revitalisasi dan pengelolaan sebanyak 15 danau prioritas, pembangunan 37 sumur bor baru di 19 provinsi, rehabilitasi 25 sumur bor eksisting di 11 provinsi dan rehabilitasi jaringan irigasi  412,541 Ha (Hektare).