Logo Bloomberg Technoz

Pasar Kerja AS Kian Solid, Didukung Turunnya Angka Pengangguran

News
04 August 2023 21:20

Ilustrasi tenaga kerja di Amerika Serikat (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi tenaga kerja di Amerika Serikat (Sumber: Bloomberg)

Augusta Saraiva - Bloomberg News

Bloomberg, Pasar ketenagakerjaan Amerika Serikat (AS) menguat dengan kecepatan yang solid pada Juli, sejalan dengan upah yang mengalami kenaikan lebih cepat dari perkiraan. Data tersebut konsisten dengan permintaan pekerja berkelanjutan, yang merupakan akar dari momentum baru dalam perekonomian Negeri Paman Sam.

Berdasarkan laporan Biro Statistik Tenaga Kerja AS pada Jumat (4/8/2023) data non-Farm Payroll (NFP) menunjukkan peningkatan sebesar 187.000 blan lalu, menyusul kenaikan serupa pada Juni. Tingkat pengangguran turun menjadi 3,5%, yang merupakan angka terendah dalam beberapa dekade.

Grafik pertumbuhan pekerjaan AS. (Sumber: Bloomberg)

Penguatan data ketenagakerjaan dan perolehan pendapatan menunjukkan ekonomi AS yang dapat melewati periode kenaikan suku bunga yang cepat, untuk mengendalikan inflasi. Hal ini juga berkontribusi pada keyakinan baru di kalangan konsumen, yang mungkin menjadi pertanda baik untuk pengeluaran dan pertumbuhan.

Ekonom LH Meyer/Analis Kebijakan Moneter Derek Tang mengatakan data tersebut konsisten dengan tujuan Bank Sentral AS The Federal Reserve (The Fed) untuk melakukan "soft landing" melalui kebijakan moneternya.