Logo Bloomberg Technoz

Saat Rating AS Turun pada 2011, IHSG Anjlok 7% Lebih

Hidayat Setiaji
03 August 2023 12:00

Ilustrasi dolar Amerika Serikat. (dok Bloomberg)
Ilustrasi dolar Amerika Serikat. (dok Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kemarin, lembaga pemeringkat Fitch Ratings menurunkan peringkat utang (rating) Amerika Serikat (AS). Penurunan rating utang AS adalah peristiwa yang cukup langka, kali terakhir terjadi pada 2011 oleh Standard & Poor’s (S&P).

Fitch menurunkan rating utang AS dari AAA menjadi AA+. Masih berstatus layak investasi (investment grade), jauh dari obligasi ‘sampah’ (junk bond).

“Kami tidak yakin bahwa perkembangan fiskal dan pengelolaannya tidak mencerminkan rating AAA. Ada penurunan yang berkelanjutan dalam beberapa tahun terakhir dalam hal posisi utang pemerintah,” tegas Richard Francis, Co-Head of Americas Sovereign Ratings di Fitch, dalam wawancara bersama Bloomberg Television.

Fitch memperkirakan rasio utang pemerintah AS terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) pada 2025 bisa mencapai 118%. Lebih dari 2,5 kali lipat median negara dengan rating AAA.

Langkah Fitch ini kemudian menggemparkan pasar keuangan global. Dini hari tadi waktu Indonesia, Wall Street terkoreksi tajam.