Logo Bloomberg Technoz

Menilik Kinerja Laba dan Kredit Bank Jumbo di Semester I 2023

Elisa Valenta
02 August 2023 16:00

Bank BCA (Dimas Ardian/Bloomberg)
Bank BCA (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sejumlah bank besar telah menyampaikan laporan keuangannya untuk paruh pertama tahun 2023. Di tengah gejolak ekonomi global dan perlambatan kinerja ekonomi dalam negeri, beberapa bank masih mampu mencetak laba fantastis dan pertumbuhan kredit bank yang signifikan.

Hingga Rabu (2/8), terdapat 10 bank BUKU IV (yang bermodalkan inti lebih dari Rp30 triliun) yang sudah menyerahkan laporan keuangannya ke Bursa Efek Indonesia (BEI).

Dari 10 bank tersebut, PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) tercatat mencetak laba sepanjang semester I tahun ini, yakni mencapai Rp25,2 triliun. Laba BMRI mengungguli peroleh PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) yang mengantongi laba senilai Rp24,2 triliun.

Dalam paparan publiknya, Senin (24/7/2023), pertumuhan kredit Bank BCA baik untuk bisnis maupun konsumsi didorong oleh kenaikan volume kredit, perbaikan kualitas pinjaman, serta peningkatan volume transaksi dan pendanaan.

Sementara bank dengan aset terbesar yakni PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) belum mempublikasikan laporan keuangannya.

Kinerja laba dan kredit bank BUKU IV sepanjang semester I 2023 (Bloomberg)