Logo Bloomberg Technoz

Pasar untuk akselerator AI di pusat data cloud bisa mencapai US$150 miliar pada tahun 2027, kata Chief Executive Officer Lisa Su dalam sebuah panggilan konferensi dengan para analis.

“Keterlibatan” konsumen dengan produk AI AMD meningkat lebih dari tujuh kali lipat pada kuartal terakhir ini ditopang oleh kesiapan klien untuk meningkatkan infrastruktur mereka.

"Meski kita masih berada di masa-masa awal era baru AI, jelas bahwa AI merupakan peluang pertumbuhan miliaran dolar bagi AMD," ujarnya.

Dengan optimisme ini membuat saham AMD naik 4% pada akhir perdagangan. Saham telah naik 82% sepanjang tahun ini hingga perdagangan akhir sesi, Selasa (1/8/2023) waktu setempat.

AMD kini menjadi saham dengan kinerja terbaik kedua di Philadelphia Stock Exchange Semiconductor Index. Prospek AI perusahaan telah mendorong sebagian besar reli tersebut.

Divisi chip PC AMD juga berkinerja lebih baik dari yang diharapkan pada kuartal terakhir. Hal ini menjadi sinyal bahwa pasar bangkit dari kemerosotan pasca pandemi.

Pendapatan kuartal kedua perusahaan 58 sen/saham, belum termasuk beberapa komponen, lebih baik dari dengan proyeksi analis rata-rata 57 sen. Pendapatan AMD mencapai US$5,36 miliar,  sedikit lebih tinggi dari proyeksi US$ 5,32 miliar.

Raihan pendapatan kuartal III diproyeksi mencapai US$5,4 miliar hingga US$6 miliar, kata AMD. Sedangkan estimasi rata-rata analis sebesar US$5,84 miliar. Titik tengah dari kisaran tersebut akan mewakili kenaikan sekitar 2,5% dari periode yang sama tahun sebelumnya, menandai akhir dari penurunan dua kuartal.

AMD merupakan pembuat prosesor PC terbesar kedua, setelah Intel Corp. Pasar prosesor kini mulai pulih, dan sebagian besar konsumen telah selesai menghabiskan kelebihan stok komponen mereka.

Pendapatan di unit chip PC AMD mencapai US$998 juta pada kuartal terakhir, melampaui estimasi US$840,9 juta. Divisi game perusahaan menghasilkan US$1,58 miliar, hanya sedikit di bawah proyeksi US$1,62 miliar.

Divisi pusat data memang membutuhkan waktu lebih lama dari yang diperkirakan untuk pulih dari tren penurunan. Penjualannya mencapai US$1,32 miliar pada kuartal terakhir, lebih rendah dari estimasi dengan rata-rata US$1,4 miliar. 

Permintaan pusat data akan meningkat lagi pada paruh kedua tahun ini —utamanya pada kuartal akhir —meskipun beberapa wilayah masih lesu, kata AMD. 

Produsen cip ini akan mengeluarkan chip akselerator MI300 di pasar pada tiga bulan terakhir tahun ini, demi memenuhi lonjakan permintaan AI.

“Minat konsumen sangat tinggi,” kata Su kepada para analis. Beberapa ingin menggunakan akselerator MI300 secepat mungkin, katanya.

Satu hambatan dalam tren peningkatan penjualan akselerator AI: AS telah membatasi ekspor teknologi tersebut ke China.

Nvidia telah menciptakan produk yang tidak terlalu kuat untuk pasar China yang tidak melanggar aturan AS, dan Su mengatakan pada hari Selasa bahwa AMD mungkin mempertimbangkan untuk melakukan hal yang sama.

(bbn)

No more pages