Logo Bloomberg Technoz

"Hal ini didasarkan pada premis yang salah bahwa Meta mendapatkan keuntungan yang tidak adil dari konten berita yang dibagikan di platform kami, padahal yang terjadi adalah sebaliknya," ujar dia.

Meta Platforms Inc. sendiri mulai menghentikan ketersediaan konten berita di wilayah Kanada pada Selasa lalu. Kebijakan ini akan berlangsung selama beberapa pekan. Hal ini akan menimbulkan sejumlah dampak antara lain;

- Penerbit dan penyiar berita Kanada tetap bisa mengunggah tautan dan konten berita mereka di platform. Akan tetapi postingan tersebut tak akan bisa dilihat orang-orang di Kanada.

- Berita-berita yang diunggah Media Internasional juga tak akan bisa diakses orang-orang di Kanada melalui platform Meta dan Instagram.

- Para pengguna Meta dan Instagram di Kanada tak akan lagi bisa melihat konten berisi berita di laman Facebook dan Instagram mereka. Termasuk dalam bentuk artikel atai audio visual.

- Sedangkan para pengguna Meta dan Instagram di luar Kanada, tetap bisa mengakses seluruh konten yang diposting di platform tersebut.

Penduduk Kanada dapat mengakses berita secara online dengan membuka situs web berita secara langsung, menggunakan aplikasi berita seluler, dan berlangganan ke penerbit.

"Di masa depan, kami berharap pemerintah Kanada akan mengakui nilai yang telah kami berikan kepada industri berita dan mempertimbangkan respons kebijakan yang menjunjung tinggi prinsip-prinsip internet yang bebas dan terbuka, memperjuangkan keragaman dan inovasi, serta mencerminkan kepentingan seluruh lanskap media Kanada," ujar Curran.

Pemerintah Kanada, pemerintah Quebec dan perusahaan-perusahaan besar, termasuk perusahaan media Quebecor Inc pun telah merespon ancaman Meta. Mereka berencana menangguhkan semua iklan di platform milik Mark Zuckerberg tersebut sebagai pembalasan.

"Kami berharap semakin banyak pemerintah Kanada dan pengiklan korporat akan merespons dengan cara yang sama terhadap langkah sepihak yang tidak sopan untuk 'tidak berteman dengan' Kanada ini," ujar Paul Deegan, kepala eksekutif News Media Canada, dalam sebuah pernyataan.

(bbn)

No more pages