Logo Bloomberg Technoz

Ini Temuan BCA Soal Pop Up Virus di Aplikasi Mobile Banking

Dityasa Hanin Forddanta
28 July 2023 15:30

Ilustrasi pop up virus pada aplikasi BCA. (dok tangkapan layar)
Ilustrasi pop up virus pada aplikasi BCA. (dok tangkapan layar)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Viral informasi melalui media sosial soal peringatan virus melalui pop up pada aplikasi BCA Mobile. Manajemen PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) pun buka suara terkait isu ini.

EVP Corporate Communication BCA, Hera F. Haryn menjelaskan, manajemen menemukan jika pop up virus tersebut merupakan peringatan atau alert dari sistem smartphone akibat deteksi aplikasi berbahaya yang ada di dalamnya.

"Mengenai munculnya pop up peringatan virus saat mengakses BCA mobile dapat kami tegaskan bahwa tidak benar BCA mobile terkena virus. Pop up tersebut merupakan alert dari sistem smartphone akibat deteksi aplikasi berbahaya yang ada di smartphone," jelas Hera, Jumat (28/7/2023).

Sebagai langkah antisipasi sekaligus pengamanan, BCA menghimbau nasabah untuk selalu menggunakan PlayStore, AppStore atau AppCallery saat ingin mengunduh dan memasang (install) aplikasi platform. Sebab, jika melakukan install melalui aplikasi store tidak resmi memiliki risiko perangkat terinfeksi virus yang dapat mengancam data dan aktivitas di device, termasuk aktivitas keuangan nasabah.

BCA juga mengimbau nasabah setia untuk selalu berhati hati terhadap oknum yang mengatasnamakan BCA dan berbagai modus penipuan yang bertujuan untuk mengetahui data nasabah. "Jangan pernah bagikan data pribadi perbankan yang bersifat rahasia seperti BCA ID, password, One Time Password (OTP), nomor kartu ATM, Personal Identification Number (PIN), kepada siapapun. Nasabah juga diharapkan mengubah PIN dan password secara berkala," tutur Hera.