Logo Bloomberg Technoz

Pertamina & Petronas Sabet Blok Masela Rp9,7 T, Dicicil Dua Kali

Sultan Ibnu Affan
25 July 2023 17:20

Subholding upstream Pertamina dorong terobosan agresif ( Dok pertamina.com )
Subholding upstream Pertamina dorong terobosan agresif ( Dok pertamina.com )

Bloomberg Technoz, Jakarta – Shell Upstream Overseas Ltd. (SUOS) mengonfirmasi akusisi 35% hak partisipasi mereka di Blok Masela oleh Pertamina dan Petronas dilepas dengan nilai US$650 juta atau setara Rp9,75 tirliun (dengan kurs Rp15.002/US$).

Sekadar catatan, 35% hak partisipasi atau participating interest (PI) tersebut dibagi antara PT Pertamina Hulu Energi (PHE) sebesar 20% dan Petronas Masela Sdn. Bhd. sebesar 15%.

"Penjualan tersebut menyangkut hak partisipasi SUOS sebesar 35% di PSC Masela, yang mencakup proyek gas Abadi," tulis Shell dalam pernyataan resmi, dikutip dari laman resmi perusahaan, Selasa (25/7/2023).

Adapun, transaksi divestasi tersebut direncanakan bakal dilunasi melalui dua kali termin pembayaran, yakni sebesar US$325 juta secara tunai dan tambahan US$325 yang akan dilunasi oleh konsorsium Pertamina dan Petronas saat final investment decision (FID).

FID tersebut ditargetkan rampung pada kuartal III tahun ini, dengan syarat persetujuan regulasi dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).