Logo Bloomberg Technoz

Pertamina & Petronas Resmi Ambil Alih Blok Masela dari Shell

Sultan Ibnu Affan
25 July 2023 11:35

Pertamina Hulu Energi. (Dok. Pertamina Hulu Energi)
Pertamina Hulu Energi. (Dok. Pertamina Hulu Energi)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pertamina dan Petronas resmi mengakuisisi 35% saham Shell di Blok Masela. Ketiganya telah menandatangani perjanjian jual beli untuk akuisisi tersebut. Pertamina akan memiliki 20% saham melalui PT Pertamina Hulu Energi (PHE) dan 15% oleh Petronas Masela Sdn. Bhd.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan demi memenuhi kebutuhan energi nasional dibutuhkan komitmen untuk menjaga pasokan migas dari sisi hulu.

“Selain mengelola lapangan eksisting maka diperlukan strategi untuk mengembangkan lapangan baru, salah satunya adalah Lapangan Abadi di Blok Masela,” ungkap Nicke dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (27/7/2023).

Nicke menjelaskan bahwa kedepannya Lapangan Abadi Blok Masela berpotensi menyerap hingga 10.000 tenaga kerja. Pengembangan Blok Masela diharapkan dapat membantu percepatan pengembangan area lokal sehingga dapat menciptakan lapangan kerja baru dan dapat menyerap tenaga kerja lokal.

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengungkapkan nilai alih kelola yang disepakati untuk mencaplok 35% saham Shell di Blok Masela di bawah US$1 miliar.