Logo Bloomberg Technoz

Kejagung Usulkan Tim Kecil Kawal BTS Bakti sebelum Satgas

Arif Subakti
24 July 2023 18:20

Jaksa Agung ST Burhanuddin dan Menkominfo Budi Arie (Humas Kejagung)
Jaksa Agung ST Burhanuddin dan Menkominfo Budi Arie (Humas Kejagung)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi bertemu dengan Jaksa Agung ST Burhanudin di gedung Kejaksaan Agung, Jakarta, Senin (24/7/2023).

Dalam pertemuan antara lain dibahas soal perintah khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk kelanjutan proyek BTS 4G yang yang sedang bermasalah korupsi. Jaksa Agung menyarankan agar dibentuk tim kecil untuk asistensi percepatan audit, kontrak, pelelangan dan pelaksanaannya. Hal itu menurutnya perlu sembari menunggu tim yang akan dibentuk oleh Presiden Jokowi. Tim kecil ini bisa dijadikan rujukan atau masukan oleh Satgas Percepatan Ekosistem Digital.

Dia juga mengatakan Kejaksaan Agung siap membantu Kominfo untuk mengawal proyek ini.

“Ke depannya, kita akan sangat mendukung agar proyek ini dapat selesai tepat waktu, tepat mutu dan tepat manfaat karena diperuntukkan oleh masyarakat luas khususnya di kawasan 3T (terdepan, terluar dan tertinggal) agar mendapatkan akses informasi digital yang sama dengan daerah lain,” ujar Jaksa Agung ST Burhanudin di Jakarta.

Dia menegaskan, pelaksanaan percepatan pembangunan BTS 4G yang sebelumnya mangkrak tidak akan mengganggu proses hukum yang sedang berjalan. Hal ini disebabkan perkara itu sudah voltoid (selesai) dan sudah dilakukan audit serta pemeriksaan lapangan (setempat). Kejaksaan Agung dan Kementerian Komunikasi dan Informatika akan bekerja sama agar proyek tersebut dapat segera dimanfaatkan oleh masyarakat.