Logo Bloomberg Technoz

Kapal Pesiar Kini Dilarang Berlabuh di Amsterdam, Ada Apa?

News
21 July 2023 16:40

Ilustrasi bendera Belanda. (Valeria Mongelli/Bloomberg)
Ilustrasi bendera Belanda. (Valeria Mongelli/Bloomberg)

Cagan Koc - Bloomberg News

Bloomberg, Amesterdam melarang kapal-kapal pesiar berlabuh di wilayahnya dan menutup terminal kapal pesiarnya. Hal ini dilakukan untuk mengurangi polusi dari kapal-kapal raksasa itu dan sekaligus mengurangi jumlah wisatawan.

Keputusan ini diambil Dewan Kota Amesterdam pada Kamis (20/7/2023). Jadwal dan perincian pelaksanaannya akan diputuskan setelah konsultasi dengan berbagai pemangku kepentingan, ungkap juru bicara Dewan Kota.

"Kapal pesiar yang menimbulkan polusi tidak sejalan dengan ambisi berkelanjutan Amsterdam," kata pemimpin kota dari Partai D66 yang progresif saat memperkenalkan mosi tersebut. "Kapal pesiar di pusat kota juga tidak sesuai dengan tugas memerangi pariwisata massal."

Turis menyusuri kanal Oudezijds Achterburgwal di distrik lampu merah Amsterdam, Belanda, Minggu (9/4/2023). (Peter Boer/Bloomberg)

Keputusan tersebut muncul di tengah penolakan terhadap masuknya turis dan gangguan yang mereka bawa ke Amsterdam. Amsterdam menerima lebih dari 1 juta turis setiap bulannya. Angka itu melebihi jumlah penduduknya yang hanya sekitar 800.000 jiwa.