Logo Bloomberg Technoz

Pita Limjaroenrat Yakin Dapat Dukungan Koalisi di Putaran Kedua

News
18 July 2023 20:40

Pita Limjaroenrat. (Sumber: Bloomberg)
Pita Limjaroenrat. (Sumber: Bloomberg)

Patpicha Tanakasempipat - Bloomberg News

Bloomberg,  Pita Limjaroenrat berjanji akan terus berjuang untuk menjadi Perdana Menteri (PM) Thailand berikutnya. Meskipun peluang kemenangannya masih belum pasti karena tidak ada jaminan dirinya akan diizinkan untuk kembali mencalonkan diri.

Pada Selasa (18/7/2023), Ketua DPR Thailand mengatakan bahwa akan memutuskan apakah Pita bisa mendapatkan kesempatan kedua untuk mencalonkan diri setelah diperdebatkan oleh Senat pekan lalu. Dalam pemungutan suara pertama, Pita telah mengamankan 324 suara, kurang 51 suara dari jumlah yang dibutuhkan.

"Saya yakin masih bisa berjuang," kata Pita. "Apapun hasilnya, mereka mungkin menolak saya. Namun, mereka tidak bisa menolak orang-orang yang sudah memilih saya pada pemilu Mei. Jangan biarkan rakyat memberikan suara dengan sia-sia."

Pita dan partainya, Move Forward, dinyatakan memenangkan pemilu Thailand pada 14 Mei 2023. Dalam pemilu Thailand, Pita mendapatkan dukungan dari anak-anak muda dan mengalahkan partai-partai yang didukung oleh militer, yang telah memerintah di Thailand selama hampir satu dekade.