Logo Bloomberg Technoz

Survei: 51% Warga Inggris Ingin Gabung Uni Eropa Lagi

News
18 July 2023 12:25

Ilustrasi Inggris. (dok Bloomberg)
Ilustrasi Inggris. (dok Bloomberg)

Ellen Millingan - Bloomberg News

Bloomberg, Lebih dari separuh warga Inggris akan memilih untuk bergabung kembali dengan Uni Eropa. Ini merupakan hasil jajak pendapat YouGov yang dilakukan minggu lalu. Inggris sendiri memutuskan keluar dari Uni Eropa pada 2016 silam atau Brexit.

Dalam survei tersebut disebutkan 51% warga Inggris menginginkan Inggris untuk kembali menjadi anggota anggota Uni Eropa, dan 32% menyatakan mereka tetap ingin keluar dari Uni Eropa. Proporsi yang mendukung untuk bergabung kembali telah meningkat 11 poin sejak Januari 2021, ketika Brexit secara resmi terjadi.

Temuan ini mencerminkan kekecewaan yang berkembang di antara para pemilih Inggris tentang Brexit. Warga Inggris belum melihat hasil yang dijanjikan dari keluarnya Inggris dari Uni Eropa.

Inggris dibandingkan dengan G7 lainnya (Sumber: Bloomberg)

Malah mereka mendapat lebih banyak hambatan mulai dari menghadapi antrean yang lebih panjang di bandara-bandara Eropa dan harga makanan yang lebih tinggi yang dipicu oleh pembatasan Brexit terhadap para pekerja migran dan dampaknya terhadap rantai pasokan. Sementara itu, kesepakatan perdagangan dengan AS, yang dianggap sebagai salah satu hadiah besar Brexit, tampaknya tidak akan terwujud dalam waktu dekat.