Logo Bloomberg Technoz

Permintaan Emas Dunia Capai Rekor Tertinggi dalam 10 Tahun

Ruisa Khoiriyah
02 February 2023 13:09

Ilustrasi penjualan perhiasan emas. (SeongJoon Cho/Bloomberg)
Ilustrasi penjualan perhiasan emas. (SeongJoon Cho/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Permintaan emas dunia selama 2022 menembus rekor tertinggi dalam satu dekade terakhir, terdorong oleh aksi bank sentral di seluruh dunia yang agresif memborong emas dan pembelian oleh investor ritel. 

World Gold Council dalam laporan terbaru yang dirilis pekan ini mencatat permintaan tahunan emas di seluruh dunia naik 18% menjadi sebesar 4.741 ton. Angka itu mendekati rekor permintaan emas tertinggi yang pernah terjadi pada 2011.

Permintaan emas tahun lalu terutama terdorong lonjakan permintaan yang menembus rekor pada kuartal IV-2022 sebesar 1.337 ton. Sementara total pasokan emas dunia pada 2022 hanya mampu naik 2% sebanyak 4.775 ton, didukung oleh kenaikan produksi emas sebesar 3.612 ton, tertinggi dalam empat tahun terakhir.

Permintaan emas selama 2022 menembus level tertinggi dalam 10 tahun (Dok. World Gold Council)

Lonjakan permintaan emas selama 2022 ini boleh jadi terdorong situasi harga emas yang cenderung melemah akibat kalah pamor dengan dollar Amerika Serikat (AS) yang menguat tanpa bisa ditahan seiring aksi The Federal Reserves menaikkan bunga secara agresif. World Gold Council mencatat, menutup 2022, harga emas LBMA berada di level US$ 1.800 per troy ounce. 

Sebagai catatan, pergerakan harga emas biasanya berkebalikan dengan the greenback. Keduanya seringkali sama-sama diburu sebagai aset lindung nilai alias safe haven.