Logo Bloomberg Technoz

Biden Kukuh Wajibkan Biofuel, Tak Terkecuali Bagi Kilang Kecil

15 July 2023 18:00

Presiden AS Joe Biden (Sumber: Bloomberg)
Presiden AS Joe Biden (Sumber: Bloomberg)

Jennifer A. Dlouhy – Bloomberg News

Bloomberg, Pemerintahan Joe Biden menolak lebih dari dua lusin permintaan dari perusahaan kilang minyak untuk dikecualikan dari mandatori bauran biofuel di Amerika Serikat (AS), yang dikenal sebagai program Renewable Fuel Standard (RFS).

Keputusan penolakan itu diterbitkan oleh Badan Perlindungan Lingkungan (EPA), dan menjadi hantaman bagi 15 kilang kecil tak dikenal yang telah meminta keringanan dari persyaratan untuk mencampur bahan bakar terbarukan menjadi bensin dan solar, dengan alasan mandat itu terlalu mahal.

Namun, badan itu menilai tidak satu pun dari 26 pengajuan yang ditolak menunjukkan bahwa mereka mengalami kesulitan ekonomi yang tidak proporsional yang disebabkan oleh kepatuhan mereka terhadap mandat RFS. Seorang pejabat EPA mengatakan, pengajuan ang ditolak mencari keringanan kuota untuk tahun kepatuhan 2016—2018 dan 2021—2023.

Langkah tersebut konsisten dengan pendekatan EPA terhadap masalah tersebut sejak Presiden Joe Biden menjabat. Badan tersebut tahun lalu membatalkan lusinan pengecualian syarat RFS yang sebelumnya diberikan, sebagai bagian dari upaya untuk mengarahkan kembali program tersebut setelah bertahun-tahun pertarungan hukum atas keringanan tersebut. 

Permintaan bahan baku untuk biofuel. (Sumber: Bloomberg)

Baca Juga