Logo Bloomberg Technoz

Sandiaga Uno Ungkap Masa Depan Bandara Kertajati

Krizia Putri Kinanti
14 July 2023 11:50

Sandiaga Uno. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Sandiaga Uno. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, akan mulai beroperasi penuh pada Oktober 2023. Dari sisi pariwisata, bandara ini diharapkan bisa memberi dampak positif.

Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menyebut kehadiran Bandara Kertajati akan membantu meringankan beban Bandara Soekarno-Hatta. Dengan begitu, diharapkan mampu meningkatkan jumlah wisatawan, baik wisatawan nusantara (wisnus) maupun wisatawan mancanegara (wisman).

"Bandara Kertajati secara tidak langsung akan membantu kunjungan wisnus dan wisman di Bandara Soetta," ujar Sandi, sapaan akrab Sandiaga Uno, dalam wawancara dengan Bloomberg Technoz, pekan ini.

Sebab, lanjut Sandi, Bandara Kertajati akan berfokus ke penerbangan haji dan umrah. Dengan begitu, beban Bandara Soetta akan berkurang dan bisa diisi oleh penerbangan yang bersifat pariwisata.

"Kertajati akan fokus ke penerbangan-penerbangan ke Timur Tengah, untuk haji. Maka akan lebih banyak slot yang bisa diberikan kepada penerbangan-penerbangan yang saat ini mengantre ke Soetta," kata Sandi.