Logo Bloomberg Technoz

Indonesia Dorong Kawasan Asia Tenggara Bebas Senjata Nuklir

Fransisco Rosarians Enga Geken
11 July 2023 19:43

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam pertemuan Komisi Southeast Asia Nuclear Weapon Free Zone (SEANWFZ) (Dok. Kemenlu)
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam pertemuan Komisi Southeast Asia Nuclear Weapon Free Zone (SEANWFZ) (Dok. Kemenlu)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah Indonesia mendorong kawasan Asia Tenggara tetap menjadi wilayah yang bebas dari senjata nuklir. Hal ini disampaikan Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi saat memimpin pertemuan Komisi Southeast Asia Nuclear Weapon Free Zone (SEANWFZ) di Jakarta.

Dalam pertemuan tersebut, Retno menyampaikan risiko penggunaan senjata nuklir saat ini berada pada level tertinggi. Pemerintah Indonesia pun menyayangkan negara yang masih memegang doktrin militer berbasis senjata nuklir di kawasan Asia Tenggara. 

“Asia Tenggara masih belum menjadi kawasan yang benar-benar aman selama masih terdapat negara yang memiliki senjata nuklir," kata Retno dalam pertemuan SEAWFZ, Selasa (11/7/2023).

Dia juga mengatakan, traktat SEANWFZ sebenarnya telah berkontribusi dalam upaya pelucutan senjata global dan rezim non-proliferasi. Akan tetapi, selama 25 tahun terakhir, tidak ada negara pemilik senjata nuklir yang menandatangani Protokol Traktat SEANWFZ.

Bersama para Menlu ASEAN lainnya, Retno juga menyerukan agar negara-negara pemilik senjata nuklir dapat segera menandatangani protokol traktat tersebut. Mereka juga menekankan pentingnya Biennial Resolution Traktat SEANWFZ.