Logo Bloomberg Technoz

Hubungi Erdogan Jelang KTT, Biden Ingin Swedia Gabung NATO

News
10 July 2023 13:25

Presiden AS Joe Biden (Sumber: Bloomberg)
Presiden AS Joe Biden (Sumber: Bloomberg)

Justin Sink, Jennifer Jacobs dan Baris Balci - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden berbincang dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan via panggilan telepon pada Minggu (9/7/2023), menjelang KTT NATO yang akan digelar mulai Selasa (11/7/2023). AS merupakan salah satu negara yang mendukung bergabungnya Swedia dengan NATO, yang hingga kini masih terhalangi izin Turki.

Biden berbincang dengan Erdogan saat sedang dalam perjalanan ke Inggris menggunakan pesawat Air Force One. Berdasarkan pernyataan yang dirilis oleh Gedung Putih, keduanya "membahas berbagai masalah yang akan dipertimbangkan oleh para pemimpin negara-negara NATO di KTT, menyatakan komitmen bersama untuk mendukung Ukraina, dan meninjau upaya untuk memperkuat hubungan bilateral. Presiden Biden juga menyampaikan keinginannya untuk menyambut bergabungnya Swedia ke NATO sesegera mungkin."

Mengenai perbincangan antara kedua kepala negara, Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan mengatakan kepada wartawan bahwa pembicaraan tersebut berlangsung sekitar 45 menit hingga satu jam. Biden dan Erdogan disebut setuju untuk duduk bersama selama pertemuan yang akan berlangsung selama dua hari di Vilnius, Lituania.

Biden dan Erdogan terakhir kali berbincang pada Mei 2023. Kala itu, Biden menelepon untuk memberi selamat pada Erdogan yang memenangkan pemilu Turki.