Logo Bloomberg Technoz

Biden Hampiri Sekutu NATO Pasca Pemberontakan di Rusia

News
03 July 2023 13:40

Presiden AS Joe Biden (Sumber: Bloomberg)
Presiden AS Joe Biden (Sumber: Bloomberg)

William Shaw - Bloomberg News

Bloomberg, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden akan berangkat ke Eropa seminggu ke depan untuk mempererat hubungan dengan negara-negara sekutu utama NATO, termasuk Inggris, setelah pemberontakan oleh kelompok tentara bayaran Wagner Group di Rusia yang kemudian gagal.

Gedung Putih dalam sebuah pernyataan Senin (03/07/2023) mengatakan Biden berencana mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak sebelum menuju ke Vilnius, Lithuania untuk menghadiri KTT NATO ke-74. Biden juga akan berkunjung Finlandia di mana akan digelar pertemuan para pemimpin Nordik.

Kunjungan pada 9-13 Juli ini dilakukan oleh Biden dengan latar belakang meningkatnya ketegangan di Rusia setelah pemberontakan gagal yang dipimpin oleh kepala Wagner Group, Yevgeny Prigozhin, yang mengguncang rezim Presiden Vladimir Putin.

Peta keanggotaan NATO. (Sumber: Bloomberg)

Pasukan Wagner, sementara itu, kemungkinan akan berkumpul kembali secara massal di Belarus, di mana mereka dijanjikan sambutan yang hangat oleh Presiden Alexander Lukashenko, sekutu Putin.