Logo Bloomberg Technoz

Dalam prospektus yang disampaikan oleh Carsurin, perseroan akan menerbitkan saham baru sebanyak-banyaknya 600 juta lembar atau setara dengan 20,75%  dari modal ditempatkan dan disetor penuh. Harga saham IPO ditetapkan Rp125 per saham sehingga perusahaan berpeluang mendapatkan dana segar hingga Rp75 miliar. Selanjutnya baca di sini.

2. Sri Mulyani Ada di Gambar Uang Rp 1 & Kabar Hoaks Redenominasi BI

Rupiah Tahun Emisi 2022 (Dok. Bank Indonesia)

Grup WhatsApp diramaikan oleh kabar Bank Indonesia (BI) yang resmi menerbitkan uang baru. Uang baru tersebut merupakan hasil redenominasi yang memangkas atau menyederhanakan Rupiah dari Rp 1.000 menjadi Rp 1.

"Bank Indonesia Resmi menerbitkan Uang Baru dengan Meredominasi atau menyederhanakan 3 angka belakang dimana untuk uang Rp. 1.000 hanya dicetak ditulis dengan angka Rp 1 saja," bunyi pesan berantai di beberapa Grup WhatsApp seperti dilihat Bloomberg Technoz, Rabu (5/7/2023).

Menariknya juga, dalam potongan video yang disebar tersebut nampak wajah Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di pecahan Rp 1. Ketahui lengkapnya melalui tautan berikut.

3. Amman (AMMN) Merangsek Masuk Big Cap Kurang Dari Satu Jam Listing

Truk pengangkut mineral pentambangan Amman Mineral. (Dok Amman.co.id)

PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMN) resmi mencatatkan sahamnya (listing) di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini, Jumat (7/7/2023). Tak sampai satu jam, saham AMMN merangsek ke jajaran saham dengan kapitalisasi pasar (market cap) jumbo alias big cap, di atas Rp100 triliun.

Pada pukul 9.20, harga AMMN naik 35 poin atau setara 2,06% ke level Rp1.730/saham. Kenaikan ini terjadi setelah sebanyak 152,32 juta saham AMMN diperjualbelikan. Cek beritanya di sini.

4. Cara Beli Tiket Konser Taylor Swift Selain Lewat Ticketmaster

Taylor Swift (Sumber: Bloomberg)

Pra penjualan tiket konser Taylor Swift di Singapura telah digelar kemarin, Rabu (5/7). Penjualan yang ditujukan khusus bagi penggemar yang memiliki kartu kredit maupun debit bank UOB itu berlangsung sangat sengit.

Tercatat jumlah antrean yang menyerbu laman Ticketmaster menembus 1,5 juta sejak penjualan dibuka pukul 11.00 WIB atau 12.00 waktu Singapura.

Ratusan ribu tiket yang ditawarkan untuk pertunjukan enam hari itu ludes dalam kurun waktu 3 jam. Promotor Taylor Swift di Singapura, AEG Presents Asia, mengumumkan tiket untuk sesi UOB Presale Member telah terjual habis pada pukul 14.00 WIB. Klik link berita di sini.

5. Deretan 10 Saham LQ45 dengan PER dan PBV Termurah

Ilustrasi Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan kemarin, Rabu (5/7/2023) bergerak menguat dan menutup perdagangan dengan kenaikan 37,22 poin (0,56%) pada posisi 6.718,98.

Data Bursa Efek Indonesia menunjukkan, nilai perdagangan hanya Rp8,99 triliun dari sejumlah 18,69 miliar saham yang ditransaksikan. Cek beritanya lewat tautan ini.

6. Incar Valuasi Rp1 T, Akseleran IPO dengan Dibayangi Rugi Rp128 M

Karyawan melihat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Induk perusahaan fintech peer to peer atau P2P lending Akseleran, PT Akselerasi Usaha Indonesia Tbk, akan menggelar initial public offering (IPO) meskipun perusahaan masih mencatatkan rugi hinggga saat ini. Akumulasi rugi yang dicatatkan mencapai Rp128,67 miliar dari sejak berdiri hingga 31 Januari 2023.

Berdasarkan prospektus yang disampaikan oleh calon emiten berkode AKSL ini, perseroan akan menawarkan 2,98 miliar saham baru atau setara 29% dari modal ditempatkan dan disetor perseroan setelah IPO. Masa penawaran akan dilakukan pada 1-7 Agustus 2023 dan tanggal pencatatan di bursa pada 9 Agustus 2023. Berikut berita selengkapnya.

7. Kronologi Indonesia Lepas dari Jeratan Utang IMF

Kantor IMF di Washington D.C (Al Drago/Bloomberg)

Hubungan pemerintah Indonesia dengan Dana Moneter Internasional (IMF) tengah menegang usai lembaga keuangan multinasional itu mendesak Indonesia untuk menghentikan kebijakan hilirisasi.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan pemerintah sudah melunasi seluruh utang Indonesia kepada IMF pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dengan demikian seharusnya, menurut Bahlil, IMF tidak memiliki wewenang untuk mengintervensi kebijakan pemerintah Indonesia. Jangan ketinggalan, klik beritanya di tautan berikut.

8. Indonesia Naik Kelas Jadi Negara Berpenghasilan Menengah Atas

Pernyataan Presiden Jokowi Terkait Pencabutan Status Pandemi Covid-19, 21 Juni 2023. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan merasa bersyukur karena pada tahun ini Indonesia masuk dalam kelompok upper middle income countries atau negara berpenghasilan menengah ke atas. Sebelumnya Indonesia sempat masuk dalam kelompok lower middle income countries atau negara berpenghasilan menengah bawah. Hal tersebut kata dia tak terlepas dari pemulihan yang cepat yang terjadi.

"Bank Dunia per Juli 2023, kembali memasukkan Indonesia ke dalam grup upper middle income countries. Ini proses pemulihan yang cepat setelah kita turun ke grup lower middle income countries di tahun 2020 karena pandemi," kata Jokowi saat memimpin rapat di Sidang Kabinet Paripurna mengenai Laporan Semester I Pelaksanaan APBN Tahun 2023, Jakarta, Senin (3/7/2023). Klik selanjutnya lewat tautan ini.

9. Rangkuman Rekomendasi Saham Hari Ini, 3 Juli 2023

Ilustrasi Bursa Efek Indonesia dengan latar IHSG. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tercatat menguat pada perdagangan pekan pendek kemarin. Indeks mencetak kenaikan 0,33% secara point-to-point pada posisi 6.661,8.

Adapun dari total 11 indeks sektoral, hanya 4 yang menguat. Kenaikan tertinggi dipimpin oleh sektor saham keuangan (1,76%), disusul sektor saham infrastruktur (0,31%), sektor saham konsumen primer (0,21%), dan terakhir ada sektor saham konsumen non primer (0,09%).

Total volume perdagangan hanya melibatkan 32,63 miliar saham yang ditransaksikan sebanyak 1,98 juta kali dengan nilai transaksi Rp15,58 triliun. Baca selanjutnya di sini.

10. Merebut Hati Pemilih Muda di Pemilu 2024

Ilustrasi pemilu. (Andri Tambunan/Bloomberg)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan 204.807.222 warga negara Indonesia (WNI) sebagai daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pemilu 2024. Jumlah DPT tersebut merupakan gabungan pemilih dalam negeri di 38 provinsi dan WNI yang ada di luar negeri.

Komposisi data pemilih Pemilu 2024 didominasi oleh generasi milenial sebanyak 68.822.389 orang atau 33,60% dari total DPT. Kemudian sebanyak 46.800.161 atau 22,85% pemilih merupakan generasi Z. Ceruk pemilih muda ini yakni lebih dari 55% akan menjadi sangat menentukan. 

Generasi milenial adalah mereka yang lahir antara 1981-1996. Sementara generasi Z adalah mereka yang lahir pada tahun 1990-an. Lebih lanjut klik di sini.

(ezr)

No more pages