Logo Bloomberg Technoz

Langkah-langkah untuk Antisipasi Resesi Menurut Investor

News
03 July 2023 15:20

Ilustrasi Investasi. (Photo by torianime via Envato)
Ilustrasi Investasi. (Photo by torianime via Envato)

Suzanne Woolley - Bloomberg News

Bloomberg, Topik soal kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence) kemungkinan besar akan muncul ketika para profesional keuangan berkumpul dengan teman atau keluarga mereka saat menghabiskan waktu libur Hari Kemerdekaan Amerika Serikat (AS) yang diperingati pada 4 Juli, jika survei Markets Live Pulse terbaru menjadi indikasi.

Sekitar 40% investor profesional mengantisipasi AI akan menjadi pembicaraan di hari libur AS, yang disetujui oleh 30% investor ritel. Di sisi lain, dampak AI yang paling terlihat adalah membanjirnya uang ke saham-saham teknologi. AI juga disebut-sebut sebagai sesuatu  yang dapat mengganggu pengelolaan kekayaan.

Topik investasi yang akan mendominasi liburan musim panas AS. (Sumber: Bloomberg)

Menurut Kassi Fetters seorang perencana keuangan dari Artica Financial Services di Anchorage, Alaska, klien kerap membawa AI dalam pembicaraan yang berhubungan dengan uang. "Nama permainannya sekarang adalah menjadi baik-baik saja dalam kondisi yang mengharuskan adaptasi, pembelajaran, dan perubahan yang konstan," katanya. Menambahkan bahwa investor yang lebih muda "memandang AI sebagai alat lain, bukan musuh."

Menurut survei MLIV Pulse dengan 593 responden secara global, risiko resesi juga muncul sebagai tema yang mungkin terdengar saat orang-orang AS menghabiskan libur hari kemerdekaan pada 4 Juli atau pertemuan serupa di tempat lain di seluruh dunia. Namun di saat yang sama, 48% investor ritel dan 39% profesional mengatakan mereka akan menghindari percakapan apapun yang berhubungan dengan keuangan di acara kumpul-kumpul keluarga berikutnya.