Logo Bloomberg Technoz

Reli Pasar Saham Mengejutkan Semua Orang Lampaui Sektor Teknologi

News
01 July 2023 08:15

Papan Wall Street di pusat perekonomian New Yorks, Amerika Serikat (AS). (Dok Bloomberg)
Papan Wall Street di pusat perekonomian New Yorks, Amerika Serikat (AS). (Dok Bloomberg)

Carly Wanna and Lu Wang - Bloomberg News - 

Bloomberg, Ketukan besar pada reli saham 2023 adalah bahwa hal itu bertumpu pada setengah lusin perusahaan yang berkembang pesat. Kritik itu baru saja terkena pukulan.

Di bawah kenaikan lain yang menggembirakan minggu ini adalah tanda-tanda pembagian keuntunngan yang semakin adil, termasuk minggu terbaik untuk saham-saham berkapitalisasi kecil sejak Maret dan penurunan S&P 500 oleh versi indeks yang sama yang menghilangkan bias nilai pasar. Industri yang sebelumnya tertinggal — dari transportasi hingga real estat dan energi — kali ini memimpin.

Gagasan bahwa keuntungan akan meluas setelah sebelumnya hanya terbatas pada saham-saham sektor teknologi -oligarki megacaps kecerdasan buatan (AI) telah menjadi cabang dalam tren bullish indeks sepanjang tahun, dan mendapat dorongan minggu ini dari laporan ekonomi yang sekali lagi menunjukkan resesi masih jauh. Saham dari semua kelompok diuntungkan, dengan sembilan dari sepuluh anggota indeks S&P 500 naik. Versi indeks berbobot sama mengalahkan yang tradisional per 1 poin persentase untuk minggu terbaik sejak Januari.

“Semua orang berbicara tentang Tujuh Besar atau nomor apa pun yang mereka suka tentang teknologi kapitalisasi besar dan AI dan semua itu, tetapi mereka bukan satu-satunya yang benar-benar melihat kekuatan saat ini,” kata Jeff Muhlenkamp, ​​di mana Muhlenkamp Fund telah memangkas porsi dana tunai dari 35% pada Februari menjadi 15%, meraup saham di sektor homebuilders, satu perusahaan keuangan dan perusahaan media.