Logo Bloomberg Technoz

Meningkatnya Penggunaan Panel Surya Tekan Pasokan Perak

News
03 July 2023 14:00

Ilustrasi panel surya. (Dok. Bloomberg)
Ilustrasi panel surya. (Dok. Bloomberg)

Bloomberg News 

Bloomberg, Perubahan pada teknologi panel surya menambah permintaan terhadap perak. Hal ini semakin membuat defisit pasokan logam di tengah kurangnya produksi tambang di dunia.

Perak, dalam bentuk pasta, menyediakan lapisan konduktif di bagian depan dan belakang sel silikon surya. Namun saat ini, industri mulai membuat versi baru dari sel yang lebih efisien, dengan menggunakan lebih banyak logam yang diatur untuk meningkatkan konsumsi yang semakin meningkat.

Panel surya masih merupakan bagian kecil yang mempengaruhi permintaan terhadap perak, namun terus berkembang. Berdasarkan laporan dari The Silver Institute, asosiasi industri perak, diperkirakan permintaan akan mencapai 14% dari konsumsi tahun ini, naik sekitar 5% dari tahun 2014. Sebagian besar pertumbuhan permintaan berasal dari China, yang akan memasang lebih banyak panel surya tahun ini yang angkanya bahkan lebih banyak dari keseluruhan panel surya di Amerika Serikat (AS).

Bagan pertumbuhan permintaan perak. (Sumber: Bloomberg)

Gregor Gregersen, pendiri dealer Silver Bullion yang berbasis di Singapura, mengatakan bahwa panel surya adalah "contoh bagus tentang bagaimana permintaan terhadap perak itu tidak elastis." Industri tenaga surya telah berkembang menjadi jauh lebih efisien dengan penggunaan perak dalam jumlah yang lebih sedikit, namun Gregersen berpendapat hal tersebut sekarang sudah berubah.