Logo Bloomberg Technoz

Departemen Perdagangan menolak berkomentar. Rencana untuk mengontrol ekspor dilaporkan sebelumnya oleh Wall Street Journal.

Langkah tersebut menyoroti tekad pemerintahan Biden untuk menahan kebangkitan China di sektor teknologi, yang dapat meningkatkan ketegangan di antara dua negara. Dalam pengarahan pada Rabu (28/6/2023) juru bicara kedutaan China Liu Pengyu menyebut langkah pemerintahan Biden di industri semikonduktor sebagai contoh kurangnya rasa hormat yang mencegah Washington dan Beijing berdiskusi soal masalah lain.

"Pertama-tama, komunikasi membutuhkan rasa saling menghormati. Dan komunikasi harus memberikan hasil," kata Liu. "Kami tahu ada perselisihan di industri semikonduktor. Namun, kami belum melihat inisiatif positif dari pihak AS untuk mengatakan, 'Oke bagaimana kalau kita berdiskusi soal isu semikonduktor?'"

Pendapatan perusahaan chip AS dari China (Blooomberg)

Setelah mengalami penurunan di awal sesi, saham Nvidia berhasil memulihkan kerugian pada Rabu. Saham turun sekitar 1,8% saat penutupan di New York.

Masih belum bisa dipastikan apakah pengumuman itu juga mencakup perpanjangan lisensi umum yang diberikan kepada perusahaan Korea Selatan dan Taiwan. Samsung Electronics Co., SK Hynix Inc. dan Taiwan Semiconductor Manufacturing Co. memenangkan penagguhan hukuman satu tahun dari pembatasan Oktober tahun lalu, dan telah meminta Gedung Putih untuk melakukan perpanjangan setidaknya satu tahun lagi.

--Dengan asistensi dari Ian King dan Iain Marlow.

(bbn)

No more pages