Logo Bloomberg Technoz

Siemens Ekspansi Pabrik Bernilai Rp32,7 T di China & Singapura

News
15 June 2023 19:45

Siemens. (dok Bloomberg)
Siemens. (dok Bloomberg)

Wilfried Eckl-Dorna - Bloomberg News

Bloomberg, Siemens AG akan menginvestasikan €2 miliar atau US$2,2 miliar (setara Rp32,7 triliun) untuk mengembangkan manufaktur berteknologi tinggi, termasuk sebuah pabrik baru di Singapura dan perluasan pabriknya di Chengdu, China.

Pengembangan pabrik produksi perangkat otomasi di Singapura menghabiskan dana €200 juta. Keputusan ini didasari atas permintaan yang meningkat di kawasan Asia Tenggara, seperti disampaikan Siemens, Kamis waktu setempat.

Sementara di China biaya investasi mencapai €140 juta dan membuka lapangan kerja 400 posisi. Pabrik otomasi produk ini berada di Chengdu, dan menjadi bagian dari upaya mengurangi ketergantungan pasokan dari Jerman.

Langkah efisiensi ini menguntungkan Siemens. Pasalnya pekerjaan dilakukan oleh bantuan software yang memberikan margin keuntungan lebih tinggi. Siemens yang dikenal pula sebagai pengembang perangkat kereta api berkecepatan tinggi, menaikkan proyeksi dua kali lipat pada tahun ini. Didorong oleh pertumbuhan pendapatan dan pesanan pada bisnis utama perusahaan.