Logo Bloomberg Technoz

Inggris Akan Reaktivasi 2 PLTU Batu Bara, Antisipasi Musim Dingin

News
15 June 2023 15:30

Ilustrasi Inggris. (dok Bloomberg)
Ilustrasi Inggris. (dok Bloomberg)

Todd Gillespie - Bloomberg News

Bloomberg, Technoz, Jakarta - Perusahaan pembangkit listrik asal Inggris, Drax Group Plc, sedang melakukan pembicaraan dengan National Grid Plc untuk mengoperasikan kembali dua unit pembangkit listrik tenaga batu bara atau pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) yang akan digunakan sebagai cadangan pasokan listrik darurat untuk musim dingin mendatang.

National Grid diminta oleh pemerintah pada awal tahun ini untuk menjajaki penambahan cadangan batu bara yang telah digunakan pada musim dingin lalu sebagai penyangga keamanan. Drax sedang dalam pembicaraan untuk membuka kembali unit-unit di pembangkit listriknya di Inggris utara, menurut prospek awal musim dingin operator jaringan yang diterbitkan pada Kamis. 

Unit-unit usaha Drax berpartisipasi dalam cadangan listrik tahun lalu dan kontrak tersebut berakhir pada akhir Maret. Perusahaan, yang berfokus pada perluasan rencana biomassa dan penangkapan karbon di Inggris dan Amerika Serikat, mengumumkan pada saat itu "akhir resmi dari pembangkit listrik tenaga batu bara di Drax Power Station".

Juru bicara Drax mengatakan perusahaan telah melakukan "berbagai diskusi" dengan pemerintah dan operator jaringan listrik sejak April, tetapi saat ini tidak sedang dalam "negosiasi" untuk memperpanjang ketersediaan unit batu baranya. Drax telah memulai proses penonaktifan unit-unit batu bara, katanya.