Logo Bloomberg Technoz

Ini adalah kali pertama empat kelompok itu secara bersama mengumumkan dukungan pada seorang calon presdien. 

"Tidak ada dukungan lain yang saya lebih inginkan," ujar Biden. "...sebagian besar dari kalian sudah bersama saya sepanjang karir saya dan saya tidak bisa menggambarkan betapa berartinya hal itu."

Namun sejumlah pegiat iklim telah mengemukakan kekahwatiran terkait kesediaan Gedung Putih untuk mempercepat izin federal untuk jalur pipa Mountain Valley yang tercantum dalam kesepakatan batas utang negara itu. 

Jalur pipa bernilai US$6,6 miliar ini akan mengirim gas alam ke seluruh wilayah West Virgina dan merupakan proyek utama Joe Manchin, senator partai Demokrat dari negara bagian West Virginia yang berpotensi akan kesulitan untuk bisa terpilih kembali dalam pemilu tahun depan itu. 

Sejumlah pegiat lingkungan lain juga mengemukakan rasa tidak suka pada keputusan Biden menyetujui proyek pengeboran senilai US$8 miliar. Proyek ini akan membuat ConocoPhillips bisa membangun tiga landasan sumur di Willow yang merupakan daerah terlindungi Alaska. 

Climate Defiance - salah satu kelompok aktivis itu - sebelumnya mengatakan akan melakukan protes pada saat Biden berpidato pada jamuan makan malam tersebut. 

"Sangat keterlaluan satu organisasi lingkunan menghomati presiden hanya beberapa hari setelah dia menyetujui saluran pipa itu. Kami tidak bisa menerimanya. Dan kami tidak akan pernah menerima hal itu," cuit kelompok ini di Twitter yang merujuk pada proyek Mountain Valley. 

Presiden Biden sendiri memanfaatkan pidatonya untuk membela keputusannya dengan mengatakan bahwa pemerintahnya telah membuat kemajuan bersejarah terkait perubahan iklim. 

Dia menyebut Petaturan Pengurangan Inflasi yang menganggarkan US4370 miliar dalam bentuk subsidi dan program untuk memerangi pemanasan global - dan juga pendanaan yang diamanatkan dalam aturan infrastruktur transportasi publik dan jaringan pengisian ulang kendaraan listrik nasional. 

Di hari yang sama, Biden menerapkan hak veto yang keenam di masa jabatannya untuk RUU yang bisa mengembalikan standar emisi kendaraan ke tingkat lebih tinggi dari pada tingkat yang ditetapkan Badan Perlindungan Lingkungan. 

Secara terpisah, Kementerian Keuangan mengumumkan panduan baru yang mengizinkan gereja dan organisasi nirlaba memanfaatkan kredit pajak energi bagi bis. 

"Bayangkan pilihan yang ada - bayangkan melihat semua yang terjadi pada kebakaran hutan, badai, banjir dan tidak melakukan apapun," ujar Biden. "Bayangkan mengambil lapangan kerja di sektor energi bersih dari kelas pekerja di seluruh negeri. Bayangkan melupakan ibu dan bapak yang tinggal di kota-kota terpolusi dan mengatakan kepada mereka, 'Maaf, kalian tidak dibantu.' Saya bertekad untuk tidak membiarkan hal itu terjadi."

Tim pemenangan Biden mengatakan dalam pernyataan tertulis bahwa dukungan bersama dari kelompok-kelompok lingkungan ini adalah "pengakuan luar biasa pada agenda perubahan iklim Presiden Joe Biden yang bersejarah."

Joe Biden, 80 tahu, berusaha mengukuhkan dukungan kuat dari pihak-pihak berpengaruh bagi upaya kampanye pilpresnya sejak secara resmi mengumumkan akan ikut pilpres untuk masa jabatan keduanya. Langkah ini diambil untuk menafikan hasil jajak pendapat yang memperlihatkan kurang dukungan dan kekhawatiran soal umurnya. 

Minggu ini Biden dijadwalkan mendapat dukungan dari organisasi buruh federal AFL-CIO dalam kampanye bersama anggota organisasi ini di Philadephia. 

(bbn)

No more pages